Monday, November 28, 2016

Ulasan Lengkap fitur Object Snap Autocad

Selamat Datang Sob, Masih semangat belajar Autocad kan? Bagi sebagian orang belajar Autocad bikin geregetan karena saking penasarannya, apalagi abis liat kawan yang menggambar dengan sangat cepat dan lancar, pasti bikin iri kan pengen bisa kayak dia, ha ha ha. Tenang kok, gak perlu terburu-buru, entar juga kita pasti bisa kok, asal kita serius latihan terus. dan jangan lupa berdo’a.

Nah, Kali ini kita akan belajar mengenali, memahami apa dan gimana sih “Object Snap”, dan apa aja fungsinya? Oo ia, kalian udah pada tau kan fitur Autocad yang satu ini? dia ini letaknya dibagian bawah layar kerja tepatnya dibawah command area berjejeran sama teman-temannya yang lain seperti Snap, Grid, Ortho, dll. Kalo di Autocad 2007 atau Autocad 2008 susunan ikonnya masih berupa tulisan, sedangkan yang saya tampilkan gambar capture di atas adalah gambar dari Autocad 2010 yang tampilannya hanya berupa gambar icon kecil, mudah-mudahan kalian juga pake Autocad 2010, jadi biar lebih mudah memahaminya.

Object Snap merupakan fasilitas bantu AutoCAD yang berfungsi untuk mengunci obyek pada titik tertentu sehingga kursor akan menangkap titik tersebut. biasanya fitur ini bekerja pada garis, misalnya pada ujung garis, tengah garis, dll. Untuk mendapatkan hasil gambar yang akurat dan sempurna, maka fasilitas ini mutlak dibutuhkan.

Sebagai contoh kasus misalnya kita ingin menggambar garis membentuk T dengan garis horizontal 200 cm, dan garis vertikalnya 150 cm. Setelah menggambar garis horizontal, klik ikon line untuk memulai gambar vertikalnya atau ketik L + enter dan arahkan kursor pada tengah-tengah garis horizontal tadi, maka otomatis akan muncul simbol segitiga orange, kemudian klik disitu dan tarik ke bawah sepanjang 150 cm. Oo ia, Pastikan Ortho dalam keadaan aktif ya, kalo gak aktif tekan tombol F9 yang ada di keyboard kamu. Perhatikan video singkat berikut ini.


Object Snap terdiri dari dua jenis, yaitu Object Snap Sementara dan Object Snap Permanen. Object Snap sementara hanya berlaku untuk satu kali tangkapan saja sedangkan Object Snap permanen dapat diaktifkan sebelum menggambar, dan akan terus aktif sampai dimatikan kembali.

yuk kita liat apa aja fitur lengkap dari Object Snap, arahkan kursor ke icon Object Snap - klik kanan, kemudian klik Setting, dan kita akan di bawa ke Kotak Drafting Setting pada tab Object Snap seperti dibawah ini.


Dari gambar diatas terlihat berbagai Object Snap Modes dan saya contreng / ceklist semua. kalo di layar kalian belum terceklist semua, bisa klik Select All, kemudian klik OK

Berikut penjelasan masing-masing mode :
Fasilitas :
Endpoint : untuk menangkap titik ujung.
Midpoint : untuk menangkap titik tengah.
Intersection : menangkap titik perpotongan antara dua obyek berpotongan.
Apparent Intersection : menangkap titik perpotongan dua obyek yang tidak ketemu
Center : untuk menangkap titik pusat.
Quadrant : menangkap titik kuadran lingkaran, yaitu 0, 90, 180 dan 270.
Tangent : menangkap titik singgung lingkaran atau busur.
Perpendicular : menangkap titik yang tegak lurus terhadap garis lingkaran dan busur.
Node : untuk menempatkan sesuatu pada titik.
Insert : untuk menangkap titik sisip.
Nearest : untuk menangkap titik terdekat dari sebuah obyek.
None : untuk mematikan Object Snap yang sedang bekerja secara permanen

Sekian Ulasan dari saya mengenai Object Snap, semoga kamu paham dan buat kamu semakin semangat belajar Autocad.

Teurimoeng Geunaseh, Saleum Putroe Aceh  ^_^